Kamis, 01 Agustus 2013

CATATAN & STATUSKU : BUKA BERSAMA PUASA RAMADHAN



Hampir setiap tahun memasuki bulan puasa Ramadhan sudah menjadi tradisi atau kebiasaan tahunan yang  berulang untuk berbuka puasa bersama atau yang lebih dikenal dengan istilah Bukber. Hal yang sudah menjadi pemandangan biasa baik diperkantoran, caffe atau restaurant dan rumah makan masyarakat datang berombongan dari berbagai kalangan untuk berkumpul menunggu saatnya berbuka puasa di bulan Ramadhan
Add caption

Bulan Ramadhan memang bulan yang pernuh keberkahan, dimana-mana para pedagang makanan baik yang berjualan ditempat-tempat keramaian, pasar, sepanjang pinggir jalan raya bahkan sampai kelas restaurant mewah semuanya penuh pengunjung dan mendapatkan keuntungan yang cukup memuaskan.


Adanya kegiatan buka puasa bersama (Bukber) menjadi fenomena menarik selama bulan Ramadhan. Ada hal positif dari kegiatan atau acara berbuka puasa ini, selain mempererat tali silaturahim, jalinan pertemanan dan relasi bisnis juga sarana berdakwah yang sangat efektif. Acara Bukber ini bisa dilakukan oleh sesama anggota keluarga, rekan kerja, teman perkumpulan / organisasi, teman alumni, relasi bisnis dan lain-lain. Intinya adalah memanfaatkan momentum puasa di bulan Ramadhan untuk mempererat tali persaudaraan, silaturahim baik dengan keluarga, kerabat, rekan kerja, teman ataupun relasi bisnis.


Bukber sudah seperti menjadi tradisi yang hampir wajib tiap tahunnya dibulan Ramadhan. Fenomena ini perlu dicermati dan disikapi dengan baik, namun perlu diperhatikan hal yang sangat penting yang selama ini luput dari perhatian kita semua. Apa itu yang perlu diperhatikan….???
  • Ketika menunggu datangnya waktu berbuka, sebaiknya kita mengisinya dengan hal-hal yang positif dengan memperbanyak amalan ibadah seperti mendengarkan ceramah agama, dzikir dan membaca Al Qur’an. 
  • Acara Bukber biasanya diisi dengan tausiyah / siraman rohani dengan mengundang seorang ustad atau guru agama yang mengerti ilmu-ilmu agama. 
  • Selanjutnya akan diisi dengan acara tanya jawab agama seputar puasa, sholat dan hal-hal yang berhubungan dengan tata cara ibadah selama bulan Ramadhan.
  • Tiba acara bukber setelah dikumandangkan adzan magrib, saat berbuka puasa yang biasanya menyajikan makanan dan minuman ringan sebagai pembuka, kurma dan minuman manis. 
  • Setelah membatalkan puasa yaitu dengan berbuka baik makan atau minum sekedarnya, lalu dilanjutkan dengan sholat Magrib berjama’ah.
  • Setelah sholat magrib berjama’ah barulah dilanjutkan dengan makan bersama.


Point ke-5 ini yang seringkali luput dari perhatian kita semua, begitu adzan magrib biasanya orang-orang langsung menuju hidangan utama. Coba perhatikan dirumah makan atau restaurant mereka tetap antri atau kalau hidangan utama sudah tersedia mereka langsung makan dengan lahapnya. Mereka banyak yang lupa atau lalai untuk melakukan sholat Magrib, ini yang seringkali luput dari perhatian kita.


Bukber dianggap makan-makan bersama saja, sementara ibadah lainnya yang juga utama yaitu sholat magrib malah lalai atau dilupakan. Padahal mereka tahu sholat Magrib waktunya sangat sempit dan sebentar, kenapa urusan makan dan minum yang diutamakan. Fenomena bukber pada akhirnya hanya tertuju kepada acara makan besar bersama, sementara ritual untuk bersilaturahim hanya diisi dengan perbincangan atau obrolan bisnis yang diselingi dengan canda dan tawa.


Semoga bagi para pembaca, bisa memperhatikan mana yang pokok atau utama dan mana yang perlu mendapatkan prioritas saat acara bukber nanti.
Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan...

By. I.one : Ramadhan hari ke-7 / 15 Juli 2013
INFORMASI HARGA DAN PEMESANAN MOBIL NISSAN
Add caption

1 komentar: