Kamis, 03 Oktober 2013

Motivasi & Spirit - KISAH UJI COBA 5 EKOR MONYET





Uji Coba 5 Ekor Monyet & Kaitannya Dengan Karakter Manusia


Add caption
Hewan primata seperti monyet, simpanse ataupun orang utan seringkali digunakan sebagai “hewan percobaan” dalam suatu penelitian ilmiah. Para profesor di Amerika telah melakukan uji coba terhadap 5 ekor monyet dalam suatu penelitiannya. Caranya adalah dengan memasukkan 2 ekor monyet yang dimasukkan ke dalam satu ruangan kosong secara bersama-sama. Untuk mempermudah penelitian monyet tersebut diberikan tanda huruf sebut saja Monyet A dan monyet B. Dalam ruangan ini terdapat sebuah tiang, dan diatas tiang paling atas disediakan beberapa pisang yang sudah matang. Para profesor ini sedang melakuka penelitian kepada monyet-monyet ini, apa yang akan dilakukan oleh 2 monyet tersebut menurut anda ?

Setelah memperhatikan keadaan di dalam ruangan tersebut, ke-2 monyet ini mulai mencoba meraih pisang-pisang yang ada diatas tiang tersebut. Monyet A yang pertama mencoba untuk mendaki tiang tersebut, ketika telah sampai di tengah tiang, sang profesor menyemprotkan air kepadanya, sehingga terpeleset dan jatuh. Monyet A mencoba lagi, dan disemprot, jatuh lagi, demikian berkali-kali sampai akhirnya monyet A menyerah. Lalu giliran berikutnya monyet B yang mencoba memanjat tiang tersebut, namun mengalami kejadian serupa, dan akhirnya menyerah pula.

Percobaan berikutnya adalah memasukkan monyet yang ke-3 sebut saja monyet C. Ini uji coba apa yang menarik, karena para profesor tidak akan lagi menyemprot para monyet jika mereka naik. Monyet C mulai mencoba menyentuh tiang untuk menagmbil pisang seperti yang dilakukan ke-2 monyet sebelumnya, namun langsung ditarik oleh monyet A dan B. Ke-2 monyet ini berusaha mencegah, agar monyet C tidak mengalami nasib yang sama atau “kesialan” seperti mereka. Karena dicegah terus menerus dan mungkin juga diberi nasehat tentang bahayanya bila mencoba memanjat keatas, monyet C akhirnya takut juga dan tidak pernah memanjat lagi.

Para profesor melakukan uji coba selanjutnya yaitu dengan mengeluarkan monyet A dan B, serta memasukkan lagi 2 monyet sekaligus sebut saja monyet D dan monyet E. Didalam ruangan saat ini ada 3 ekor monyet yaitu monyet C, D dan E. Prilaku yang diperlihatkan ke-2 monyet yang baru masuk sama dengan monyet-monyet sebelumnya, monyet D dan E juga tertarik dengan pisang yang ada diatas tiang dan mencoba memanjatnya. Monyet C secara spontan langsung mencegah keduanya agar tidak naik. “Hai, mengapa kami tidak boleh naik ?” protes keduanya” mungkin begitu kira-kira dengan bahasa monyet tentunya.

Monyet C mengatakan ada teman-teman yang memberitahu saya, bahwa naik ke atas itu berbahaya. Saya juga tidak tahu, ada bahaya apa di atas sana, tapi lebih baik cari aman saja, jangan keatas deh”  begitu mungkin penjelasan si monyet C.

Monyet D percaya dan tidak berani naik, tapi tidak demikian dengan monyet E yang memang agak bandel. “Saya ingin tahu, bahaya seperti apa sih, yang ada di atas … Dan kalau ada bahaya, masak iya saya tidak bisa menghindarinya ?” tegas monyet E. Walaupun sudah dicegah oleh monyet C dan D, monyet E ternyata nekad naik ke atas tiang..…

Dan karena memang sudah tidak disemprot air lagi, monyet E akhirnya bisa meraih pisang yang diinginkannya…..

####

Kesimpulan terhadap uji coba 5 ekor monyet diatas adalah...

Manakah diantara karakter diatas yang menggambarkan tingkah laku anda saat ini ?
Karakter A dan B adalah orang yang pernah melakukan sesuatu, dan gagal. Karena itu mereka kapok atau menyerah, tidak akan mengulanginya lagi, dan berusaha mengajarkan ke orang lain tentang kegagalan tersebut. Mereka tidak ingin orang lain juga gagal seperti mereka. 

Karakter C dan D, adalah orang yang menerima petunjuk dari orang lain, hal-hal apa yang tidak boleh dilakukan, dan mereka mematuhinya tanpa berani mencobanya sendiri

Karakter E adalah type orang yang sedikit “nyeleneh” tidak mudah percaya dengan sesuatu, sebelum mereka mencobanya sendiri. Mereka juga berani menentang arus dan menanggung resiko asalkan bisa mencapai keinginan mereka.

Pisang dalam cerita diatas menggambarkan impian kita. Setiap orang dalam hidup ini mempunyai impian yang tinggi tentang masa depannya. Namun sayangnya, banyak sekali hal-hal yang terjadi di sekitar kita, yang menyebabkan impian kita terkubur. Orang-orang dengan karakter ABCD akan mengatakan kepada kita hal-2 seperti ini”,Sudahlah, jangan melakukan pekerjaan yang sia-sia seperti itu. Percuma. Saya dulu sudah pernah melakukannya berkali-kali dan gagal. Sebagai seorang teman yang baik, saya tidak mau kamu gagal seperti saya” atau mungkin kalimat “Kamu mau gagal kayak si X … lebih baik lakukan sesuatu yang pasti-pasti saja deh”. Bukankah hal-hal seperti itu yang sering kita dengar sehari-hari ?

Orang dengan karakter E akan selalu berpikir optimis dalam menjalankan sesuatu meskipun kadang disebut “nyeleneh” oleh orang-orang sekitarnya. “Kalaupun orang lain gagal melakukan sesuatu, belum tentu saya juga akan gagal” adalah kekuatan yang selalu memompa motivasinya.

Dan kegagalan orang lain dapat dipelajari dan dijadikan batu loncatan untuk melangkah lebih baik, bukannya dijadikan suatu ketakutan.

ARTIKEL LAINNYA :
MINTALAH MAKA KAMU AKAN DIBERI


Iwan Prasetyo - www.nissanpilihanku.com

INFORMASI HARGA DAN PEMESANAN MOBIL NISSAN & DATSUN
GRAND LIVINA X-GEAR - INFO KLIK DISINI...!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar