Selasa, 01 Oktober 2013

CATATAN & STATUSKU - MEMAKNAI KEJUJURAN




MEMAKNAI KEJUJURAN
Membaca status salah satu teman di situs jejaring sosial facebook yang menuliskan tentang makna atau arti “kejujuran” sangat menarik untuk dicermati. Ada beberapa yang mengomentari status tersebut dan masing-masing menuliskan komentar sesuai argumen dan sudut pandangnya. Berikut tulisan dari status dan komentar tentang makna “kejujuran".
CATATAN & STATUSKU - MEMAKNAI KEJUJURAN
Add caption
 
Aida C’est (Penulis Status) :
Pengertian kejujuran yang paling sederhana adalah tidak berbohong. Tapi tidak hanya itu saja, arti atau makna kejujuran adalah kata-kata yang mengandung tiga unsur berikut :

1. KEBENARAN - Kejujuran adalah apa yang akan dikatakan adalah benar
2. KEBAIKAN - Kejujuran adalah apa yang akan dikatakan adalah hal yang baik
3. KEGUNAAN - Kejujuran adalah apa yang ingin diberitahukan adalah berguna




Jadi pengertian atau makna kejujuran yang meyeluruh adalah jika apa yang kita beritahukan adalah hal yang benar, baik dan berguna.
Sebelum kita mengatakan suatu kejujuran kepada orang lain, mungkin merupakan ide yang bagus untuk menyediakan waktu sejenak dan memikirkan apa yang akan kita katakan.
Itulah kenapa pengertian atau makna kejujuran yang meyeluruh adalah jika apa yang anda beritahukan adalah hal yang benar, baik dan berguna.


#Opini

Prakarsa Bayu  (komentar) :
Kejujuran pahit terasa dari pada dusta yang hanya memberikan kebahagiaan semu


Wayan Dharmayana (komentar) :
100% agree! Kejujuran meliputi pikiran, perkataan dan perbuatan yang benar, baik, dan bernilai manfaat!


Dharma Indonesia (komentar) :
Kejujuran ya lakukan apa adanya saja dengan beretika benar atau salah manfaat atau tidak merupakan bagian dari proses kejujuran itu sendiri


Totok Suyanto (komentar) :
Ketika kita menyakini definisi kejujuran berdasarkan 3 muatan kata tersebut di atas, masih saja tidak bisa lepas dari teori relativitas. Karena untuk menguji kebenarannya harus dilihat dari sisi paradigma dan ruang ideologi yang mendasarinya. Benar bagi penganut ideologi agama, belum tentu benar dari sisi penganut ideologi nasionalis. Demikian juga perbuatan baik, maupun asas manfaatnya.menurutku jujur itu bukan simbul atau jabatan yang melekat pada diri seseorang. Eksistensinya juga tidak berlaku surut karena itu pengalaman kejahatan masa lalu seseorang tidak bisa untuk men-“adjustment” orang itu sebagai orang yang tidak jujur, atau dengan kata lain perkataannya pasti salah, tidak baik, dan akan membawa manfaat apa-apa.

Dari sini kesimpulan saya bahwa untuk menilai kejujuran dari pernyataan seseorang, kita tidak bisa melepaskan begitu saja dengan “baiat politik” dan paradigma ideologi yang sedang dia bela.
Dayat Bogem (komentar) :
Kejujuran adalah mengakui sesuatu hal dari lubuk hati dan lisan dilakukan dengan tingkah laku dalam satu perbuatan


Paul Darmansyah Al Bugisy (komentar) :
Selain 3 unsur tersebut. Kejujuran harus di landasi dengan keberanian dan keikhlasan. Berani berkata jujur walaupun pahit dan penuh dengan resiko.

Ikhlas dengan apa yang akan dialami setelah seseorang berkata jujur. Misal dengan kejujuran yang disampaikan seseorang, maka akan membuat orang lain merasa tidak senang. Karna dengan adanya kejujuran orang tersebut merasa dirinya terancam.
Example : koruptor sangat takut dengan kejujuran sebab dengan kejujuran dapat mengancamnya masuk penjara dan menjadi miskin. Hal inilah yang membuat semua koruptor menghalalkan segala cara untuk menghalangi kejujuran. Membunuh, menculik dan lain sebagainya.
 
Hal inilah yang saya maksud harus ikhlas dengan apa yang seseorang sampaikan dengan jujur. Karna dengan kejujuran, nyawa menjadi taruhannya.
Iwan Prasetyo (saya, komentar) :
Kejujuran memang bisa dilihat dari berbagai sudut pandang, tapi memang makna yang melekat pada "kejujuran" itu sendiri saat ini semakin sulit didapat dan dipahami. Yang pasti orang yang berpegang teguh dengan kejujuran adalah orang yang amanah dan pasti dapat dipercaya dan bertanggung jawab.


JUJUR ---> AMANAH ---> DIPERCAYA ORANG ----> BERTANGGUNG JAWAB
Kira-kira seperti ini hal yang menggambarkan "kejujuran" pada seseorang apapun pekerjaan atau profesi orang tersebut pasti memberikan KEBENARAN, KEBAIKAN dan KEGUNAAN.

Orang JUJUR karena ia AMANAH dengan apa yang di"amanahkan" kepada dirinya, maka ia akan DIPERCAYA ORANG dan BERTANGGUNG JAWAB terhadap apa yang dipercaya orang kepada dirinya tersebut.

CATATAN & STATUSKU - MEMAKNAI KEJUJURAN
Add caption

Apapun yang orang katakan tentang “kejujuran” hal itu adalah berkaitan sifat atau prilaku orang dalam kesehariannya. Bilamana nilai kejujuran sudah tertanam kuat dan melekat dalam diri orang tersebut pastilah karena hasil didikan orang tua, keluarga dan lingkungannya juga mengaplikasikan dengan benar perintah agamanya.

Semoga kelak anak-anak kita, generasi penerus mendatang menjadi manusia-manusia yang berprilaku “jujur” serta amanah dalam tugas dan kewajibannya. Aamiin..!

Artikel lainnya :
- MEMAKNAI KESETIAAN
- HABITS ATAU KEBIASAAN

INFO PROMO DAN DAFTAR HARGA MOBIL BARU NISSAN & DATSUN
HARGA NISSAN EVALIA - KLIK DISINI...!
INFORMASI HARGA DAN PEMESANAN MOBIL NISSAN
Add caption

Tidak ada komentar:

Posting Komentar