Senin, 01 Desember 2014

CATATAN & STATUSKU - HABITS ATAU KEBIASAAN

Habits adalah kebiasaan-kebiasaan yang sering dan berulang-ulang atau secara rutin kita lakukan. Manusia seringkali melakukan hal yang sama dan "tanpa sadar" dilakukan secara otomatis berulang-ulang kali sehingga akan terekam di otak bawah sadarnya lalu menjadikan hal yang berulang-ulang ini sebagai suatu "kebiasaan atau habits".

Contoh hal yang kita lakukan berulang-ulang seperti saat kita berangkat kerja dari rumah menuju kantor, tanpa kita sadari kita melalui rute yang sama pergi atau pulang setiap hari, dilakukan pada jam atau waktu yang sama pula, bahkan kita sampai hafal apa yang biasa kita lihat dan lewati pada jam-jam tersebut. Artikel terkait tentang Memaknai Kejujuran.



Sesungguhnya pola atau kebiasaan yang sering kita lakukan tersebut menjadi hal yang rutin karena kita telah merasa nyaman dengan kondisi tersebut. Ternyata di kehidupan ini ada hal yang telah kita jalani berhari-hari, berminggu, berbulan atau bahkan sudah sekian tahun menjadikan diri kita beradaptasi dengan segala keadaan, kondisi, situasi dan kemungkinan-kemungkinan yang timbul bilamana kita "menyimpang" dari kebiasaan yang sudah ada.


Adakalanya kita ingin pindah rute perjalanan dari rumah ke kantor, kemungkinan resiko yang kita hadapi adalah jarak tempuh semakin jauh, waktu perjalanan yang lebih lama, melewati daerah rawan kemacetan dan sebagainya, namun bisa juga kebalikannya. Jika kita mencoba rute baru, mungkin saja jarak tempuh sedikit jauh tapi waktunya bisa lebih cepat sampai ke tujuan. 


Merubah rute perjalanan, adalah salah contoh yang bisa kita lakukan. Rute berbeda dari yang biasa ini akan memberikan pengalaman baru, situasi dan kondisi baru mungkin saja rute tersebut ternyata lebih lancar dan tidak kena kemacetan lalu lintas. Kita tentu akan menghadapi hal-hal yang mungkin saja terjadi karena mencoba rute baru, tapi itulah pilihan yang suatu saat harus kita buat dan rubah bila memang lebih menguntungkan atau membuat diri kita lebih nyaman. Kita telah terbiasa hal yang lama, maka perlu Memaknai Kesetiaan atas apa yang kita yakini baik dan benar.


Hal yang bisa karena kita telah terbiasa melakukannya, seperti pepatah "bisa ala biasa", karena kita melakukannya terus-menerus maka menjadi hal ini yang biasa saja. Sebenarnya apa yang membedakan "orang biasa" dengan "orang yang luar biasa" ? Maksudnya adalah orang-orang yang terkenal atau boleh disebut "sukses" di kehidupannya.

Pertanyaan diatas sangat mudah dijawab dan masuk akal, jawabannya adalah "kebiasaan", ya itulah jawabannya. Kok, bisa orang sukses karena "kebiasaan"..? Lha iyalah, orang-orang terkenal dan sukses itu melakukan pekerjaannya secara profesional dan mereka terbiasa untuk berpikir, bertindak dan berbuat diluar kebiasaan orang kebanyakan. Mereka melakukan kebiasaan-kebiasaan positif yang orang lain belum tentu bisa melakukan atau malah tidak mau melakukannya dengan berbagai alasan.

Lalu bagaimana kita bisa melatih diri agar melakukan kebiasaan-kebiasan yang positif ? Ya, mulailah dari diri sendiri, lakukan dengan sepenuh hati dan konsisten, dan jangan menunda waktunya, lakukanlah segera saat ini selagi ada kesempatan. Kalau kebiasaan positif ini terus menerus kita lakukan pastinya akan membuat diri kita menjadi pribadi yang positif dan tunggulah kesuksesan sudah di depan mata.
(I.One-12:12:12)

Salam sukses.....!



Artikel lainnya :
- DAMAI TANPA ANCAMAN

INFO PROMO DAN HARGA MOBIL NISSAN & DATSUN
CARI TAHU HARGA NISSAN EVALIA

INFORMASI HARGA DAN PEMESANAN MOBIL BARU DEALER NISSAN JAKARTA - TANGERANG - DEPOK - BEKASI
Add caption


Tidak ada komentar:

Posting Komentar