Sabtu, 01 Juni 2013

CATATAN & STATUSKU - HIKMAH KEMATIAN



HIKMAH KEMATIAN :
Sebuah berita mengejutkan tentang meninggalnya salah seorang da'i muda pada hari Jum'at dini hari. Ustad Jeffri Al Buchori yang akrab dipanggil dengan sebutan Uje, meninggal dunia karena kecelakaan tunggal saat mengendarai sepeda motornya di daerah Pondok Indah Jakarta Selatan. Berita ini mengejutkan sekali, masyarakat khususnya ummat Islam merasakan kehilangan figur seorang da'i muda yang sangat perhatian dan akrab dengan ummat.

CATATAN & STATUSKU - HIKMAH KEMATIAN
Add caption
Sungguh ummat Islam sangat merasakan kehilangan seorang tokoh muda kharismatik yang berdakwah dengan penuh kesungguhan dan kesabarannya sehingga banyak memberikan pencerahan untuk ummat Islam. 

Ustad Jeffri Al Buchori dikenal dengan gayanya yang khas memberikan nuansa berbeda saat berdakwah memberikan siraman rohani untuk ummat Islam. Meninggalnya Uje begitu sebutan akrabnya, beliau juga dikenal dengan sebutan "Ustad Gaul" karena kedekatannya dengan jamaah dari berbagai lapisan masyarakat. Almarhum Uje, tentunya banyak meninggalkan kesan dan pesan yang mendalam bagi orang-orang yang ditinggalkannya, termasuk ummat Islam.
Kematian datang tak diundang, juga tak dipesan kapanpun waktunya tak bisa dipastikan, tak bisa diduga dan tak ada kuasa kita untuk menundanya. 
(I.One-27:04:13)
Begitu banyak yang lalai atau melupakan akan datangnya kematian, seringkali orang mengatakan 'ah saya kan masih sehat dan segar bugar masih jauhlah, sudahlah bro  ga' usah mikirin mati' atau ada juga yang mengatakan 'Gue selalu hidup sehat, olah raga teratur mana mungkinlah cepat mati, ah elo jangan nakut-nakutin gue dong' begitu candaan sebagian orang ketika di ingatkan soal kematian. Padahal maksudnya adalah agar orang tersebut bisa melakukan hal-hal yang baik, dan meninggalkan hal-hal yang buruk. Hal ini karena kematian bisa saja datang sewaktu-waktu bisa saja tahun depan, bulan depan, minggu depan, esok hari, bahkan mungkin beberapa jam lagi siapa yang tahu takdir dan umur orang tersebut ?

Seharusnya kita senang hati karena ada yang mengingatkan diri kita akan datangnya kematian, artinya orang tersebut sayang dan perhatian kepada diri kita, agar tidak celaka kelak di hari perhitungan nanti. Yang akan meninggalkan dunia ini bisa saja masih bayi, anak kecil, remaja, orang dewasa ataupun orang tua sesuai catatan umurnya pasti akan mengalami yang namanya kematian. Perlu kita ingat datangnya kematian bisa saja saat orang itu masih sehat atau sedang sakit, sudah tua atau masih muda, saat kaya atau jatuh miskin, dalam kelapangan atau saat kesempitan semuanya pasti akan merasakan kematian saat malaikat maut datang menjemput.

Kematian adalah sebuah pesan untuk yang ditinggalkan, seperti apa kelak ketika malaikat maut datang kepada kita. Amalan apa yang akan kita bawa, kebaikan apa yang telah kita lakukan selama hidup ?
Semoga kita tersadarkan, kematian itu akan dipergilirkan dan pastinya akan datang, sudah siapkah diri kita ketika ajal menjemput ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar