Minggu, 01 Juni 2014

CATATAN & STATUSKU - BAHASA IDENTITAS DIRI






Seseorang bisa dinilai dari bahasa yang digunakannya, meskipun beberapa bahasa mengenal tingkatan dan digunakan untuk hal atau peristiwa khusus, namun itu bisa jadi menunjukkan identitas pemakai bahasa tersebut.
 
CATATAN & STATUSKU - BAHASA IDENTITAS DIRI
Add caption
Apa yang orang nilai ketika seseorang berbicara dengan bahasa yang kasar, tak jelas intonasinya, kotor dan menyalahi tata bahasa yang baku....?

Mungkin kita masih ingat fenomena seorang Vicky Prasetyo beberapa waktu lalu yang berbicara dengan gaya bahasa "sok intelek" mencampurkan adukkan bahasa Inggris dan istilah-istilah bahasa yang tidak umum atau lazim digunakan dalam satu kalimat. Bahasa yang digunakan menjadi terdengar rancu, lucu dan aneh, dimana maksud dan tujuan yang ingin disampaikan menjadi tidak jelas. Bahasa yang diucapkan terkesan "sombong" dan si pembicara yang ingin terlihat "pintar" tapi malah menjadi bahan lelucon karena terdengar aneh dan lucu. Artikel terkait mengenai Aktualisasi Diri menunjukkan siapa anda.

Nah, ada anjuran yang sering kita dengar untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pada intinya, kita dalam berkomunikasi menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami oleh lawan bicara kita. Bahasa yang digunakan hendaknya santun dan sopan namun tetap memperhatikan budaya dan adat istiadat yang berlaku pada masyarakat setempat.

Ada memang di beberapa daerah wilayah pesisir menggunakan bahasa daerah yang terdengar "agak kasar" di telinga, tapi bisa jadi itu adalah bahasa pergaulan yang memang seperti itu adanya. Bahasa pergaulan ini menjadi lumrah atau wajar digunakan pada komunitas masyarakat setempat, namun tentu saja akan lain ceritanya bila digunakan di komunitas masyarakat yang lainnya. Jadi beda daerah berbeda pula bahasa atau dialek yang digunakannya.

Bahasa ini mencermin identitas diri siapa pemakaiannya. Ada ungkapan bila ingin menguasai suatu wilayah atau negara kuasailah bahasanya. Sehingga sangatlah penting untuk kita mengerti dan menguasai bahasa, terlebih bahasa Internasional. Hal ini akan memudahkan kita untuk menjalin hubungan dan kerjasama dengan orang yang menggunakan bahasa tersebut. Simak hal tentang 7 Ciri Sukses dalam diri anda.

Mengucapkan atau menyampaikan sesuatu hendaknya dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti, bisa jadi maksudnya baik namun hasilnya menjadi buruk karena disampaikan dengan bahasa yang tidak tepat dan salah dalam penyampaiannya.(I.One-12:04:14)



by.I.One
Ciputat, 12 April 2014


Tidak ada komentar:

Posting Komentar