Sabtu, 01 Maret 2014

CATATAN & STATUSKU - PERBEDAAN SOMBONG & PERCAYA DIRI

Dalam sebuah diskusi di facebook seorang teman menanyakan mengenai perbedaan antara sikap sombong dan pecaya diri. Beberapa menjawab dengan argumen dan dari sudut pandangnya masing-masing.

Ada perbedaan antara sikap sombong dan percaya diri, memang terkadang terlihat tipis perbedaannya. Orang yang punya sikap sombong atau angkuh pastinya tidak disukai orang, nah bagaimana membedakan antara sombong atau percaya diri ....???

Menurut pendapat saya :
Untuk membedakan antara sikap sombong atau percaya diri yaitu ;

 Kalau orang sombong apa yang dilakukannya, selalu berusaha untuk menunjukkan kemampuan dirinya agar dilihat atau dipuji orang, sering juga orang sombong ini banyak bicara namun sedikit sekali kontribusinya (tong kosong nyaring bunyinya) sedangkan, Orang yang percaya diri berusaha untuk menutupi segala kemampuan yang dimiliki dengan prinsip ilmu padi, semakin berisi semakin menunduk.
(I.One-20:01:14)


Sikap percaya diri ini perlu dikembangkan, dijaga dan ditanamkan sejak dini, namun tetap perlu dikendalikan jangan sampai karena "terlalu percaya diri" sehingga menjadi "lupa diri" atau bisa juga menimbulkan "kesombongan" ingin pamer atau dipuji orang lain. Sikap ini yang pada akhirnya akan mencelakakan diri sendiri juga orang lain. 

Ada suatu contoh kisah yang bisa jadi renungan, empat pemuda dalam suatu mobil, pengemudinya seorang pemuda yang telah mahir mengemudi. Pemuda ini sangat percaya diri ketika temannya mencoba mengetes kemampuan mengemudinya untuk mau mengejar atau menyalip kendaraan lain yang ada di depannya. Beberapa mobil di depannya berhasil dilewati dengan lancar dan mulus. Sampai suatu ketika ada sebuah truck yang cukup panjang dan penuh muatan harus dilewatinya. Beban kendaraan dan kondisi jalan membuat mobil truck tak dapat melaju kencang, pemuda ini merasa yakin dan terlalu percaya diri dengan kemampuannya mengemudi. Ia lalu tancap gas, berusaha untuk menyalip mobil truck yang ada didepan. 

Teman-temannya tertawa dan terus memberi semangat, sampai sedikit lagi melewati truck dan jalanan menikung ia tak dapat lagi mengendalikan mobilnya karena terkejut ada kendaraan berlawanan arah didepannya, ia membanting stir dan mobil tak terkendali masuk ke jurang. Nasib tragis pada kecelakaan itu, salah satu orang temannya tewas ditempat dan dua orang terluka parah, pengemudi itu sendiri mengalami luka cukup parah dan menderita cacat seumur hidup karena kakinya lumpuh akibat kecelakaan. Inilah akibatnya karena rasa percaya diri yang berlebihan, maka akan timbul kesombongan sehingga mencelakakan diri sendiri juga orang lain.

Pesan Moral :
Percaya diri itu harus dan perlu, tapi janganlah berlebihan sehingga menimbulkan sikap sombong pada diri sendiri. Menjadi diri sendiri itu baik, namun mendengarkan dan mempertimbangkan nasehat atau masukan penting dari orang lain untuk kebaikan bersama itu jauh lebih baik.
 
Artikel lainnya :



 
INFO PROMO DAN DAFTAR HARGA MOBIL BARU NISSAN & DATSUN
INFO & HARGA SERENA - SILAHKAN KLIK DISINI...!
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar