Senin, 04 November 2013

CATATAN & STATUSKU : MAKNA HIJRAH DAN TAHUN BARU ISLAM


SELAMAT TAHUN BARU 1435-Hijriyah



Tanpa terasa kita sudah memasuki bulan Muharram, awal Tahun Baru 1435 Hijriah yang didasarkan pada perhitungan pemunculan cahaya bulan [Qomariyah].

Mungkin hanya sebagian saja dari kita yang memperingati Tahun Baru Islam dengan segala Hikmahnya, bahkan mungkin sebagian lagi kurang hafal nama-nama bulan Hijriah.

Adapun nama-nama bulan dalam tahun Hijriah adalah:
  1. Muharram, 
  2. Safar, 
  3. Rabiul Awal, 
  4. Rabiul Akhir, 
  5. Jumadil Awal, 
  6. Jumadil Akhir, 
  7. Rajab, 
  8. Sya'ban, 
  9. Ramadhan, 
  10. Syawal, 
  11. Dzulkaidah & 
  12. Dzulhijjah.

Adakah urgensinya bila tanggal 1 Muharram dijadikan sebagai hari libur, jika malam menjelang Tahun Baru Hijriah hanya dijadikan sebagai malam libur atau sekedar sebagai long week end saja?


Hijrah merupakan langkah yang hendak dicapai untuk menuju sebuah Kehidupan yang lebih baik, sebab itu perlu sebuah perenungan yang akan memunculkan sebuah Harapan Baru untuk keadaan yang lebih baik.

Allah SWT ber-Firman :


"Ini adalah Al-Quran yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah, supaya mereka memperhatikan Ayat-Ayatnya, dan supaya mendapat Pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran". [Shaad 29].


“Maka kepada Perkataan apakah selain Al-Quran ini mereka akan ber-Iman?”. [Al-Mursalaat 50].


Hijrah adalah meninggalkan hal-hal yang terlarang".
Makna & Spirit Hijrah haruslah tertanam di Hati & Jiwa, yakni
meninggalkan semua yang terlarang menuju Ketaqwaan kepada-Nya.
"


Hai orang-orang yang ber-Iman, ber-Taqwalah kepada Allah sebenar-benar Taqwa kepada-Nya”. [Ali-Imran 102].


Hai orang-orang yang ber-Iman, ber-Taqwalah kepada Allah, dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk Hari Esok”. [Al-Hasyr 18].


Al-Quran itu benar-benar suatu Pelajaran bagi orang-orang yang ber-Taqwa”. [Al-Haaqqah 48].


Dibulan Muharram, segala Amal Shaleh akan diberkahi berlipat ganda, sebab itu dianjurkan untuk diperbanyak dan ditingkatkan kualitasnya.


"Sesungguhnya orang-orang yang ber-Iman dan ber-Amal Shaleh, Kami tidak akan menyia-nyiakan Pahala orang-orang yang membaikkan Amalnya".
[Al-Kahfi 30].

Lalu apa yang kita persiapan dan harus kita lakukan ketika mengawali pergantian tahun ? 

Kalau di ibarat seperti kita sedang mengendarai sebuah mobil, dan kaca Depan Mobil Selalu Lebih Besar diBandingkan Spion..
Itu Karena Yang Maha Pencipta, Ingin Kita Selalu Melihat Ke Depan dengan Visi..namun tetap sesekali Melihat Ke Belakang sebagai Pelajaran..Bukan sebaliknya..Slalu Meratapi Masa Lalu dan Menatap Masa Depan dengan Pesimis..
 

SELAMAT TAHUN BARU 1435-H !
Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan kekuatan kepada kita semua untuk menjalani sebuah KEHIDUPAN YANG BARU DI-TAHUN 1435-H ini. Aamiin Yaa Rabbal'alaamiin. 

www.nissanpilihanku.com


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar