Selasa, 01 April 2014

CATATAN & STATUSKU - TAK KENAL MAKA TAK SAYANG

Add caption


Persoalan mendasar setiap 5 tahun sekali jelang Pemilu adalah banyaknya masyarakat  pemilih yang tidak kenal dengan caleg yang akan dipilih. Bagi sebagian besar orang, partai politik adalah satu-satunya kendaraan untuk aktivitas politik. Itu benar manakala yang dimaksud adalah untuk mendudukkan orang-orang di Parlemen atau Kekuasaan secara legitimate (LEGITIMASI politik). Tetapi fungsi dari parpol menurut teori seharusnya tidak cuma itu, tetapi juga EDUKASI politik, ADVOKASI politik, AGREGASI politik, dan REPRESENTASI politik.

Ternyata sosialisasi kepada masyarakat pemilih sangatlah kurang, pendekatan emosional kepada masyarakat pemilih cuma saat kampanye saja, seharusnya para caleg jauh hari sdh melakukan program kerja, mensosialisasikan Visi dan Misinya kepada masyarakat pemilih. Terpenting sdh ada bukti, bukan sekedar janji.
 

Tak kenal maka tak sayang, begitu kata pepatah kalau tak kenal orangnya apa mungkin bisa sayang. Bisa jadi juga yang sudah lama kenal tapi tak disayang kenapa.......???

Siapapun orangnya yang pertama akan dikenang atau diingat adalah saat berjabat tangan dan saling mengenalkan dirinya, melihat raut wajahnya dan mendengar tutur katanya. Kalau orang tersebut berprilaku
baik sopan santun, ramah dan halus budi bahasanya tentu orang akan merasa nyaman dekat dengannya.

Mengenal atau dikenal banyak orang itu bisa jadi karena "orang terkenal" seperti public figur, artis, pejabat penting, orang terkaya dst.... masalahnya adalah apakah "orang-orang penting" itu juga mengenal diri kita....???

Ketika banyak orang merasa dirinya "orang penting" ia seringkali melupakan orang-orang yang menjadikan dirinya begitu penting untuk dikenal atau terkenal.

Padahal untuk dikenal itu mudah dan murah tak perlu mahal, asalkan tahu caranya. Coba setiap kali ketemu orang tersenyum, lalu jabat erat tangannya dan berkenalan. Kalau sehari kita bisa ketemu dan berkenalan dengan 100 orang kalau satu bulan tinggal kalikan saja dan kalau sudah satu tahun, coba hitung... Wah pasti sudah banyak sekali kita dikenal atau mengenal orang.

Bisa juga kita mengajak masyarakat untuk melakukan "sesuatu" yang memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar, misalnya mengajak menanam pohon. Selama pohon itu tumbuh, berbuah dan menghasilkan pasti orang akan selalu ingat siapa dulu yang mengajak untuk menamam pohon tsb.

Untuk saling mengenal kita bisa bergabung atau ikut salah satu komunitas yang ada. Komunitas ini macam-macam bentuknya, ada yang berdasarkan hobi, minat yang samasperti bersepeda, hobi kuliner, hobi jalan-jalan, hobi membaca dan menulis atau apapun bentuk komunitas tsb. Bergabung di komunitas, sebagai anggota yang aktif dan kreatif tentu akan banyak dikenal. Coba hitung kalau bergabung dengan komunitas yang anggota ribuan orang, wah bisa jadi "ngeTop' nih. Salah satunya ikut bergabung di komunitas sosial media, bisa facebook, twitter, linkedin dst...

Selalu jadi "PELOPOR" dan bukan sebagai pengekor, maka kitapun akan banyak dikenal orang. Sekali lagi tak kenal maka tak sayang, kalau ga' kenal calegnya, ya jangan dipilih ... hehehe...

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar