Minggu, 06 April 2014

SYAJAROH SOEKARNO, JASA PRESIDEN SOEKARNO PADA ARAB SAUDI



SYAJAROH SOEKARNO, JASA PRESIDEN SOEKARNO PADA ARAB SAUDI
Presiden Soekarno diantara para pemimpin negara sahabat


Orang besar selalu berpikir besar dan jauh kedepan, dan Bung Karno dapatlah dikatakan seperti itu. Jasanya terhadap Arab Saudi dan Umat Muslim dari berbagai penjuru dunia yang menunaikan ibadah haji, sangat merasakan manfaat dari teduhnya pohon-pohon yang ada di Padang Arafah sekarang ini. Siapa yang tahu kalau pohon-pohon tesebut ditanam atas dasar gagasan Bung karno. Padang Arafah yang tandus dan gersang itu sekarang ini sudah menjadi Hijau Royo-royo.

Di Indonesia, terutama masyarakat Jawa dan Bali, pohon tersebut disebut pohon Imba atau Mimba. Namun di daerah lain seperti Madura disebut Membha atau Mempheuh. Pohon Imba oleh orang Arab disebut Syajaroh Soekarno atau pohon Soekarno.

Ide menghijaukan Padang Arafah muncul saat beliau sedang wukuf ketika menunaikan ibadah haji tahun 1955 ketika Indonesia aktif sebagai gerakan nonblok. Sebagai orang berpengaruh di kawasan Negara-negara nonblok Bung Karno dengan mudah menawarkan ide penanaman pohon ini kepada kalangan masyarakat arab yang dikenal keras dan teguh dalam berpendirian.

SYAJAROH SOEKARNO, JASA PRESIDEN SOEKARNO PADA ARAB SAUDI
Presiden Soekarno Naik Sepeda

Tak cukup mengirimkan ribuan bibit pohon, Bung Karno juga mengirimkan ahli tanaman dari Indonesia untuk mengembangbiakan tanaman yang memang cocok tumbuh di daerah tandus ini. Kini tanaman ini tumbuh dengan rimbun di berbagai sudut kota Arab Saudi. Baik di Makkah, Madina, maupun Jeddah.

Padang Arafah yang setiap musim haji menjadi lokasi berkumpulnya dua hingga tiga juta jamaah haji dunia saat melaksanakan wukuf, dikenal memiliki suhu udara yang sangat panas. Dengan suhu sekitar 38-42 derajat celcius saat musim panas, tak pelak jamaah yang sedang wukuf di situ akan merasa kepanasan yang menyengat sehingga tidak sedikit yang cepat keletihan saat berada di situ.

Padang Arafah yang terletak lebih dari 20 kilometer dari pusat kota Mekkah, Arab Saudi, memang bukan lagi padang tandus, pasir berbatu-batu. Kawasan itu telah hijau royo-royo. Dari Jabal Rahmah, pemandangan menghijau tampak di kawasan itu. Meski hanya ada satu jenis pohon yang tumbuh.

Saat ini sudah ada jutaan pohon yang tertanam di Arab. Padang Arafah seluas 11 kilometer persegi yang dulunya gersang dan berbatu saat ini menghijau dengan adanya pohon tersebut. Jamaah haji seluruh dunia dapat berteduh di antaranya rimbunnya pohon mimba di tempat itu saat wukuf

Diplomasi syajaroh Soekarno atau diplomasi pohon ternyata berhasil dilakukan. Semua orang akan terus mengenangnya sepanjang masa. Nama Soekarno tidak hanya dikenang menjadi nama sebuah jalan saja namun juga menjadi kenangan abadi di sebuah tanaman bernama mimba, imba atau membha.

SYAJAROH SOEKARNO, JASA PRESIDEN SOEKARNO PADA ARAB SAUDI
Jasa Presiden Soekarno Tetap Dikenang

NOTE : 
RASULULLAH SAW BERSABDA : "Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang banyak memberikan manfaat baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain"


INFORMASI HARGA DAN PEMESANAN MOBIL NISSAN
Info harga mobil NISSAN - Silahkan KLIK disini...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar