Sabtu, 01 Februari 2014

CATATAN & STATUSKU - KOMENTAR YANG BAIK


KOMENTAR YANG BAIK
Add caption
Informasi yang begitu mudah diakses oleh setiap orang dengan menggunakan layanan internet, memudahkan setiap orang untuk berkomunikasi dengan berbagai orang dimanapun berada. Komunikasi yang terjalin melalui jejaring sosial di dunia maya seperti facebook, twitter, linkedin dst... menjadikan setiap orang mudah terhubung satu dengan lainnya di belahan dunia manapun, asalkan telah tersambung dan terkoneksi dengan layanan internet


Kemajuan teknologi ini memungkinkan setiap orang melakukan komunikasi dan saling tanya jawab atau diskusi melalui jaringan internet. Namun, seringkali timbul perdebatan atau perbedaan pendapat antara satu dengan lainnya. Perbedaan pendapat ini wajar dan normal saja terjadi, namun seringkali juga menimbulkan konflik karena adanya komentar-komentar negatif yang ditulis dengan bahasa yang kasar, kotor dan menimbulkan issue SARA. Hal ini yang sebaiknya dihindari saat menulis komentar di situs jejaring sosial tersebut.


Kita sering membaca tulisan atau postingan dari berbagai macam sumber. Itu akan menambah wawasan atau pengetahuan untuk diri kita. Informasi ini menjadi penting sekali untuk kita karena merupakan pengetahuan yang berguna untuk diri kita ataupun orang lain, terutama bila menyangkut profesi atau pekerjaan yang kita tekuni.
 
Apapun yang diketahui dari berbagai sumber tersebut, membuat diri kita lebih bijaksana dalam menilai atau mengomentari berbagai topik atau hal yang ramai diperbincangkan. Boleh setuju atau tidak setuju....itu hal yang wajar, memberikan pendapat atau komentar melalui tulisan akan menunjukkan kwalitas diri kita yang sesungguhnya. 
 
Cobalah untuk berbuat "sesuatu" yang baik dan bermanfaat setidaknya untuk diri sendiri dan jangan menyakiti orang lain, apapun bentuknya. Bisa jadi diri kita sendiri tidaklah lebih baik dari orang lain tersebut. 

 
Ya, hal yang baik itu bisa kita mulai dari diri sendiri lalu tularkan kepada orang lain. Memberikan komentar sebaiknya jangan sampai menyangkut masalah SARA yang dapat menimbulkan fitnah dan konflik. Usahakan selalu untuk memberikan komentar yang sewajarnya tanpa harus menyinggung ataupun menyakiti perasaan orang lain yang membacanya. 

Komentar yang santun, sopan dan bijak tentu menyenangkan dan memberikan pencerahan untuk yang membacanya. Hal yang ringan dan mudah kita lakukan dengan niat berbagi dan melakukan kebaikan melalui tulisan yang kita buat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar